SSS

TENTANG BOROS



Banyak orang yang belum mengetahui bahwa boros itu merupakan penyakit mental yang bersumber dari dalam hati. hati yang kotor dan akhlak yang tidak terpuji paling mudah dihinggapi oleh penyakit boros, apalagi kalau dia kurang mengerti terhadap hakikat penggunaan harta, serta ada dorongan hati yang telah dikuasai oleh hawa nafsu untuk hidup mewah dan bersenang-bersenang yang mengarah kepada kefasikan.

Bila penyakit ini sudah bercokol dalam hati, maka ia akan mendorong seseorang untuk berbuat melampaui batas dalam menggunakan harta tanpa perhitungan. yang pada akhirnya akan menyeret seseorang terjebak dalam kehidupan penghamburan harta yang tidak bermanfaat yang mengarah kepada kefasikan dan kemungkaran.

Sucikanlah hatimu dari sifat tercela ini, sebab ia sangat berbahaya bila sampai merasuk kedalam jiwa, lebih-lebih bagi para penguasa. Ia dapat mengubah dan menjungkir balikkan keadaan bangsa dalam jangka waktu yang relatif sangat singkat. Bangsa yang dulunya dikenal sebagai bangsa yang maju, maka kini jauh terbelakang. Ia juga bisa menghanyutkan segala kekayaan alam dimasa bangsa itu berada, merendahkan kehormatannya, menghancur leburkan kemakmurannya yang telah dicapai dengan penuh penderitaan dan jerih payah.


Pemboros, rata-rata mentalnya sudah rapuh. Itu sebabkan oleh kebiasaan mereka yang ingin hidup mewah dan terpedaya oleh kelezatan hidup, serta hatinya telah dikuasai oleh faktor-faktor kefasikan yang selalu merongrong jiwanya untuk melakukan ma'shiyat , melanggar syari'at dan sunnah Rasul-Nya.



Boros adalah penyakit mental yang berpusat di hati yang telah dirasuki oleh tipudaya setan, sehingga ia suka menghambur-hamburkan hartanya untuk hal-hal yang tidak mendatangkan manfaat dan tidak membawa kebaikan bagi dirinya sendiri atau orang lain.

Oleh karena itu, Allah memperingatkan kepada kaum muslimin agar tidak berbuat berlebih-lebihan sampai melampaui batas, sebab perbuatan yang melampaui batas itu adalah tipu daya setan.

Allah berfirman dalam surat Al-A'raf  ayat 31 


Orang yang suka berbuat melampaui batas dalam segala hal, tidak sedikit yang terjerumus dalam perbuatan keji lainnya yang lebih membahayakan lagi, yaitu sifat takabbur dan membanggakan diri. Sifat tercela ini sangat mudah sekali bersarang dihati orang yang merasa dirinya mampu dan mempunyai kelebihan dibandingkan dengan yang lainnya. Untuk itu, waspadailah penyakit boros ini, sebab ia sangat mudah menular untuk terangkitnya penyakit hati yang lain.



Boros juga dapat menyebabkan timbulnya beberapa penyakit kronis lainnya yang bisa merusak mental dan hati seseorang, seperti penyakit suka bertindak sewenang-wenang, over acting dan berlebih-lebihan, serta segala sifat yang menimbulkan kerusakan. orang yang mudah dijangkiti penyakit ini hanyalah orang yang bermental lemah, fikiranya sempit, dan hatinya rapuh, ia tidak tau apa sebenarnya arti hidup ini kecuali hanya memperturutkan kesenangan hawa nafsunya saja, tanpa bisa memikirkan kemaslahatan dan kemadlaratan dari setiap tindakannya itu, apalagi mengerti tentang hakikat kehidupannya.

Previous
Next Post »