SSS

3 PANTAI CIAMIK LOKASI MENONTON GERHANA MATAHARI DI BELITUNG


Belitung - Pantai-pantai di Belitung dijadikan lokasi menyaksikan gerhana matahari total pada 9 Maret 2016. Pantai memang lebih ideal melihat gerhana karena pandangan tidak terhalang bangunan atau pepohonan.


Pantai juga jadi alasan turis memilih menonton fenomena alam langka tersebut di Belitung. "Di sini (Belitung) juga banyak pantai yang indah-indah," kata turis asal Jerman Frank Wals kepada detikcom.


Berikut ini tiga pantai yang bisa jadi pilihan menyaksikan gerhana di Belitung:

Pantai ini diprediksi menjadi kawasan terpadat saat gerhana matahari total. Pasir putih terhampar di sepanjang pantai dan ada batu karang berjajar rapi yang memanjakan mata.

Terdapat juga pulau-pulau kecil di lepas pantai yang bisa dijangkau dengan kapal-kapal yang disewakan oleh warga lokal.

Kawasan Pantai Tanjung Kelayang menjelang gerhana tidak nampak ada sampah. Warga sekitar dan instansi pemerintah memang giat bersih-bersih pantai sejak dua pekan lalu.

Pantai ini letaknya tak jauh dari pusat kota Tanjung Pandan. Tanjung Pendam adalah kawasan pantai yang dikelilingi oleh beragam rumah makan kuliner khas Belitung. Untuk memasuki kawasan ini, pengunjung dikenakan biaya Rp 2.000 per orang.

Pantai ini juga menyediakan taman bermain untuk anak-anak serta permainan seperti ayunan, perosotan, dan jungkat-jungkit. Pantai ini memang lokasi favorit rekreasi bersama anak-anak di Belitung .

Tanjung Pendam tidak terlalu ramai turis, baik asing maupun domestik. Di sini biasanya dijadikan masyarakat sekitar untuk melihat matahari terbenam. Biasanya Tanjung Pendam baru akan ramai saat malam tahun baru.


Peristiwa fenomenal gerhana matahari total,

Pantai ini terkenal ke seluruh penjuru nusantara setelah jadi lokasi syuting film Laskar Pelangi. Jika biasanya pantai ini sunyi, menjelang gerhana, ada beberapa turis mancanegara yang tengah asik mengabadikan pemandangan pantai ini.

Menurut keterangan Darwance, warga Belitung, beberapa tahun terakhir kawasan ini dirapikan pemda. Pedagang-pedagang yang biasanya berjualan di pantai kini dilarang menjajakan dagangannya di sepanjang pantai.

Ada satu restoran besar di kawasan pantai ini. Juga plang jejak film Laskar Pelangi yang biasa dijadikan spot wisatawan untuk berfoto.

Previous
Next Post »